Ads

Review Buku Latihan Soal Mantappu Jiwa

REVIEW 

BUKU LATIHAN SOAL 

MANTAPPU JIWA

 Jerome Polin Sijabat


Penulis    : Jerome Polin Sijabat
Penerbit  : PT Gramedia Pustaka Utama
Halaman : 224 hlm
Harga       : Rp. 95.000
ISBN         : 9786020632414


Review Buku Latihan Soal Mantappu Jiwa
Buku Mantappu Jiwa

Minasan. Konnijiwa! tettereet totetot tetot teteeet tettereet totetot tetot (twing..)teteeeeett. (Luluulu)

Ada yang udah gak asing dengan opening YouTube tadi? ahaha betul itu adalah opening legend dari channel YouTube Nihongu Mantappu. Di mana Jerome Polin adalah pemilik channel YouTube tersebut.

Jerome Polin merupakan anak muda Indonesia, yang saat ini sedang menempuh pendidikan di Jepang, tepatnya di Waseda Univesity dengan jurusan yang di ambil yaitu S1 Matematika.

Selain membuat konten YouTube, Jerome juga merilis sebuah buku yang berjudul “Latihan Soal Mantappu Jiwa”, dimana buku ini aku kira buku latihan soal matematika beneran. Tapi ternyata bukan. Kan ga lucu kalau bukunya beneran soal semua, apalagi Matematika😊.

Terus apa dong isinya? Kunci jawaban soal? Qoutes doang? atau . . . penasaran kan? Yuk cek review nya disini !!! 

TIME TO REVIEW

Review Buku Latihan Soal Mantappu Jiwa
Cover depan

Cover

   Kita masuk ke cover nih teman, aku suka banget dominasi warna biru tua yang cantik, enak dipandang mata, gak terlalu mencolok tapi tetap dengan illustrasi yang muantap jiwaa. Cover depan terutama, ilustrasi dua orang yang saling sapa. Menggambarkan bahwa perjalanan hidup Jerome, salah satunya adalah bisa bertemu dengan teman-teman baru. Terus ada ilustrasi medali, foto keluarga juga matematika. Dimana itu semua menggambarkan isi dari buku ini.

      Untuk Cover belakang, ada keterangan harga, genre, nama penerbit dan pastinya sinopsis buku.

Review Buku Latihan Soal Mantappu Jiwa
Cover Belakang

Sinopsis

“Jadi ini buku latihan soal matematika ya, Jer?”

Bukan!

Kata orang, selama masih hidup, manusia akan terus menghadapi masalah demi masalah. Dan itulah yang akan kuceritakan dalam buku ini, yaitu bagaimana aku menghadapi setiap persoalan di dalam hidupku. Dimulai dari aku yang lahir dekat dengan hari meletusnya kerusuhan di tahun 1998, bagaimana keluargaku berusaha menyekolahkanku dengan kondisi ekonomi yang terbatas, sampai pada akhirnya aku berhasil mendapatkan beasiswa penuh S1 di Jepang.

Manusia tidak akan pernah lepas dari masalah kehidupan, betul. Tapi buku ini tidak hanya berisi cerita sedih dan keluhan ini-itu. Ini adalah catatan perjuanganku sebagai Jerome Polin Sijabat, pelajar Indonesia di Jepang yang iseng memulai petualangan di YouTube lewat channel Nihongu Mantappu.

Yuk, naik roller coaster di kehidupanku yang penuh dengan kalkulasi seperti matematika.

It may not gonna be super fun, but i promise it would worth the ride.

Minasan, let’s go, MANTAPPU JIWA! 



Isi 

  Seperti yang sudah ada disinopsis bahwa buku ini bukan buku latihan soal sepenuhnya. Berarti ada soalnya?. Tentu ahaha. Gak seberat yang ada dipikiran kalian, gak. Ini buku tentang perjalanan hidup seorang Jerome Polin Sijabat atau bisa dibilang kumpulan cerita.

   Dimulai dari Jerome yang lahir dekat dengan kerusuhan tahun 1998 di Jakarta. Kemudian tahun 2004, Jerome dan keluarga pindah ke Surabaya. Disaat itu pula Jerome sudah naik ke kelas 1 SD dan harus mencari sekolah. Namun, keadaan ekonomi keluarga Jerome pada saat itu sedang kurang baik. Tapi kedua orangtua nya tetap mengusahakan agar anak-anaknya tetap bisa melanjutkan sekolah. Sampai pada akhirnya Jerome bisa bersekolah di IPH School, salah satu sekolah berkategori elite dan high class dengan masuk menggunakan jalur beasiswa. Mimpi untuk bisa sekolah di luar negeri muncul ketika, dan karena, Jerome masuk sekolah itu. 

   Dilanjutkan dengan perjalanan kisah sekolah Jerome di masa SMP dan SMA. Yang ia isi dengan belajar, mengikuti berbagai olimpiade, menghadapi kekalahan dan kemenangan, tes di universitas keinginan nya, sampai perjuangan nya mendapat beasiswa kuliah di Jepang.

    Juga kisah tentang perjuangan belajar dengan gila saat sudah di Jepang, pengalaman lomba pidato, sampai awal mula ia membuat channel YouTube nya, semua di ceritakan dibuku ini.



Kelebihan

  1. Dikemas dengan bahasa yang mudah dimengerti menjadikan isi buku ini ikut tersampaikan dengan baik.
    Review Buku Latihan Soal Mantappu Jiwa
    Ilustrasi dalam buku
  2. Secara visual, banyak ilustrasi yang keren, permainan warna di setiap halaman dengan layout yang berbeda, enak di pandang mata, bikin buku ini jadi lebih menarik.
  3. Ada rumus-rumus matematika, soal matematika beserta pembahasan pastinya.Yang jadi kelebihan karena soal-soal yang ada di buku ini ada makna filosofis di dalamnya dan menurutku itu keren. Juga bisa sambil belajar matematika tentunya.
  4. Banyak qoute membangun motivasi, dengan pembawaan yang ringan.

Kekurangan

  1. Kurangnya cerita tentang bagaimana Jerome bisa menjadi Youtuber, yang aku lihat di buku hanya ditampilkan di halaman-halaman terakhir.
  2. Aku yakin masih banyak hal-hal lucu dan receh yang dialami Jerome saat pertama kali tinggal di Jepang. Sayangya di sini belum ada. Mungkin next buku ya kak Jer.

Qoutes favorit buku ini

Review Buku Latihan Soal Mantappu Jiwa
qoute

“Aku belajar untuk jangan takut mencoba sesuatu yang baru, meski kelihatanya sulit sekalipun. Karena kita sebagai manusia tidak ada yang tahu masa depan.” hal 94.

“Karena ketika oranglain meragukan kita. Siapa lagi yang bisa percaya sama diri ini kalau bukan kita sendiri?”hal 183.

“Dimana ada niat. Asal mau berusaha. Pasti ada jalan.” hal 171.

“Apa yang kelihatan mustahil jika kita coba kerjakan dengan tekun. Bisa menjadi kenyataan.” hal 154.

“ Dalam mencapai sesuatu memang harus ada yang dikorbankan, termasuk hal yang terlihat baik sekalipun. Kita harus berani mengorbankan yang baik demi meraih yang terbaik.” hal 100.

 

Wadidaww muantap jiwa gaes, qoute nya bagus-bagus, bingung mau ngetik yang mana, tapi kalau kalian penasaran bisa langsung baca aja di bukunya. Wkwk

Rekomendasi, buku ini untuk semua orang yang haus akan hal-hal baru, mau nambah motivasi dari cerita perjalanan hidup seseorang. Yang pengin baca buku dengan gaya anak muda dan bisa banget kalian jadikan panutan. Buat kalian yang sedang berjuang meraih mimpi kalian. Buku ini bisa menemani kalian berjuang. 

Ngomongin berjuang, buku Reach Your Dreams juga salah satu buku yang cocok buat menemani perjuangan kalian. Berjuang meraih mimpi.

Aku kasih penilaian ⭐⭐⭐⭐ dari 5. So far so good.

Terima kasih kak Jerome, aku suka sekali liat tingkah receh kakak saat di instagram, twitter, juga YouTube. Next, semoga receh mu itu nular ke buku selanjutnya yaa kak.


Terima kasih sudah membaca. Kalau menurut kalian review ini bermanfaat bisa kalian share ke temen-temen kalian.
Terima kasih atas segala kesalahan review yang sudah dimaafkan.
I really hope for advice and criticism.
Sekali lagi TERIMAKASIH 💖.

 

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel