Ads

Gimana sih cara jadi orang yang bodo amat? (The Subtle Art of Not Giving a F*ck)

Review Buku 

Sebuah Seni Untuk 

Bersikap Bodo Amat

Mark Manson

Review Buku Sebuah Seni Untuk Bersikap Bodo Amat


Penulis: Mark Manson

Penerbit: Gramedia Widiasarana Indonesia (Penerbit Asli: HarperOne-New York)

Halaman: 246

ISBN       : 978-602-452-698-6

Harga      : Rp 67.000,- (P. Jawa)


    Ada gak nih dari temen-temen yang bertanya-tanya ketika baca judul buku ini? Emang untuk bersikap bodo amat ada seninya? Seni yang kayak gimana? atau Apa sih sebenarnya yang dimaksud Mark Manson dalam bukunya ini?

    Bicara tentang Mark Manson, sang penulis buku. Ia memulai karir nya di dunia digital, dengan menjadi seorang blogger sejak tahun 2009. Ia mendulang sukses dengan blog-nya yang telah dikunjungi sekitar dua juta orang setiap bulan. Mark kembali mencuri perhatian publik saat buku The Subtle Art of Not Giving a F^ck terbit dan masuk dalam daftar buku best seller New York Times dan Globe and Mail. Dan akhirnya buku terjemahan dalam Bahasa Indonesia diterbitkan, dengan judul Sebuah Seni untuk Bersikap Bodo Amat. Hihi yuk masuk ke review nya.


TIME TO REVIEW


Cover 

    Dalam psikologi warna, warna Orange dianggap mampu “merangsang” emosi. Dengan daya tariknya yang kuat, warna orange melambangkan kehangatan, kenyamanan, keceriaan, bahkan optimisme. Sepertinya, sebuah optimisme lah yang penulis jadikan tujuan cover buku ini. Optimisme dalam menjalani hidup yang lebih baik. 


Blurb

    Dalam buku pengembangan diri yang mewakili generasi ini. Mark Manson, seorang blogger superstar menunjukkan pada kita bahwa kunci untuk menjadi orang yang lebih kuat, lebih bahagia adalah dengan mengerjakan segala tantangan dengan lebih baik dan berhenti memaksa diri untuk menjadi "positif" di setiap saat.

    Selama beberapa tahun belakangan, Mark Manson-melalui blognya yang sangat populer-telah membantu mengoreksi harapan-harapan delusional kita, baik mengenal diri kita sendiri maupun dunia. Ia kini menuangkan buah pikiranya yang keren itu di dalam buku hebat ini.

    "Dalam hidup ini, kita punya kepedulian dalam jumlah yang terbatas. Makanya, Anda harus bijaksana dalam menentukan kepedulian Anda." Manson menciptakan momen perbincangan yang serius dan mendalam, dibungkus dengan cerita-cerita yang menghibur dan"kekinian", serta humor yang cadas. Buku ini merupakan tamparan di wajah yang menyegarkan untuk kita semua, supaya kita bisa mulai menjalani kehidupan yang lebih memuaskan, dan apa adanya.


Isi

Ada beberapa poin penting yang aku tangkap dalam buku ini, tidak semuanya karena kalau semuanya bukan review namanya. Xixixi.

1. Biasakan diri untuk masa bodoh terhadap segala halangan dan perjuangan dalam mencapai sesuatu yang  diinginkan. Kita harus bisa menghadapi dan menikmatinya, karena dalam mengejar suatu pencapaian, rintangan akan selalu ada. 

2. Temukan hal-hal penting dan berarti untuk diprioritaskan, sehingga kamu bisa lebih mudah untuk masa bodoh pada hal-hal sepele. 

3.  Mempertegas poin sebelumnya, entah kita sadari atau tidak, kita biasanya memilih suatu hal untuk diperhatikan dan ini akan terus membaik mengikuti tingkat kedewasaan.

    Prinsip "lakukan sesuatu" menjadikan kegagalan tidaklah penting lagi. Ketika standar kesuksesan hanya "melakukan sesuatu" kita akan mendorong diri untuk lebih maju lagi. Kita merasa bebas untuk gagal dan kegagalan inilah yang menggerakkan kita ke depan.

    Manson menelaah hal ini dan memberikan kesimpulan bahwa kita adalah sumber inspirasi bagi diri kita sendiri. Kita bisa melakukan apa saja untuk menginspirasi motivasi agar tetap ada bersemayam di diri.

    Manson mengedepankan perlunya berkata tidak untuk menolak sesuatu agar kita tidak kehilangan alasan untuk bertahan. Karena menghindari penolakan akan memberikan kenikmatan sesaat yang membuat kita tanpa kemudi dan tanpa arah jangka panjang.


Kelebihan 

1. Gagasan dan argumentasinya lugas dan terstruktur. 

2. Tambahan sejumlah kisah nyata dari beberapa tokoh tenama seperti Letda Hiroo Onoda, Dave Mustaine, Pete Best, William James, Picasso, Malala....yang dituliskan dalam bahasa yang kocak dan sesuai 

3. Berbagai analogi yang disajikan mungkin akan membuat para pembaca berkata dalam hati, “Iya juga ya!”.

Kekurangan

1. Beberapa sub-bab bahasan tidak ada klimaks alias kurang mendetail. 

2. Ada beberapa terjemahan yang kurang bisa dimengerti dan membingungkan.

Kutipan Favorit

" Kunci kehidupan yang baik memang bukan tentang memedulikan lebih banyak hal tapi tentang memedulikan hal sederhana, hanya peduli tentang apa yang benar, mendesak dan penting saja."

“ Cuek dan masa bodoh adalah cara yang sederhana untuk mengarahkan kembali ekspektasi hidup kita dan memilih apa yang penting dan apa yang tidak.”

“ Tidak ada seorang pun yang bertanggung jawab atas keadaan Anda kecuali diri Anda sendiri.”


Rekomendasi 


    Buku Sebuah Seni Untuk Bersikap Bodo Amat cocok untuk kamu yang sedang mencari makna hidup atau yang merasa sedang berada dalam titik terendah kehidupan. Kalian yang terlalu memperdulikan apa yang seharusnya tidak diperdulikan. Buku self improvement ini sekiranya dapat menyegarkan pandangan kita terhadap segala sesuatu yang lalu-lalang dalam kehidupan. So, happy reading!


Aku kasih penilaian ⭐⭐⭐⭐✰ dari 5. So far so good.


Terimakasih sudah membaca. Kalau menurut kalian review ini bermanfaat bisa kalian share ke temen-temen kalian.
Terimakasih atas segala kesalahan review yang sudah dimaafkan.
I really hope for advice and criticism.
Sekali lagi TERIMAKASIH 💖.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel