Ads

Gimana sih cara jadi mahasiswa di atas rata-rata? di sini kamu bisa temukan jawabanya.

 REVIEW BUKU 

MAHASISWA DI ATAS 

RATA-RATA

Ratih Kartika

Review Buku Mahasiswa di atas rata-rata
Buku Mahasiswa Di Atas Rata-rata


Penulis    : Ratih Kartika

Penerbit   : PT Elex Media Komputindo

Tebal        : 177 halaman

ISBN        : 9786230015892

Harga P. Jawa : 75.000

    "Jatuh bangun, sukses dan gagal pun sudah saya rasakan. Evaluasi dan petik pelajaranya! Bukankah usia muda adalah waktunya berbuat banyak kesalahan dan belajar memperbaikinya?." (hal. 51)


TIME TO REVIEW


Cover depan

    Yang pernah aku baca dalam psikologi warna, warna tosca memiliki makna keseimbangan emosional, stabilitas, ketenangan dan juga kesabaran.  Juga dipercaya dapat memberikan semangat ketika seseorang stress mental atau kelelahan dan juga dihinggapi rasa kesepian. 

    Wah, kalo menurutku ini gambaran nya sejalan banget sih sama konteks mahasiswa. Dimana, sebagai seorang mahasiswa perlu banget yang namanya ketenangan juga keseimbangan emosional dan dari melihat cover buku ini di awal, harapan nya, buku ini seperti ingin mengajak mahasiswa untuk terus semangat walau dalam keadaan stress, lelah dan kesepian wkwk. Tambahan ilustrasi berbagai gaya berpenampilan ala mahasiswa yang membuat cover buku makin kece parah.

SINOPSIS

    Kamu akan belajar di jurusan yang ilmunya sesuai dengan minatmu. Waktumu juga akan lebih luwes sehingga banyak kegiatan ekstra kuliah yang bisa kamu ikuti seperti lomba dan organisasi. Di usia yang sudah beranjak dewasa ini pun, kamu juga mulai dipercaya untuk mengemban tanggung jawab, tak salahnya juga terjun untuk membuka usaha. Intinya, status baru sebagai mahasiswa adalah kesempatan untuk menjadi dirimu yang lebih baik dari ketika kamu sekolah.

    Apa pun impian dan rencana yang ingin kamu lakukan di masa perkuliahan, buku ini akan menjadi temanmu mewujudkannya. Lakukan berbagai aktivitas di dalamnya untuk membuatmu semakin yakin dengan impian dan rencanamu serta selalu kembali pada jalur untuk mewujudkannya.

Isi

    Buku ini isinya kompleks dengan hiruk pikuk kehidupan mahasiswa. Tentang ramainya menjadi seorang mahasiswa. Ramai pikiran-pikiran tentang apa sih yang harus di lakukan agar menjadi mahasiswa yang tidak sekedar mengandalkan IPK aja? Karena temen-temen tau bahwa dunia kerja sekarang gak bisa banget cuman ngandelin IPK aja, tapi butuh yang namanya skill dan pengalaman.

    Dijelaskan disini, mengupas tentang dinamika & tantangan di dunia kampus mulai dari pertama masuk sampai kemudian lulus. Mulai dari gambaran umumnya, apa yang semestinya dilakukan maupun yang enggak seharusnya, langkah apa yang harus diambil jika berbagai permasalahan muncul, tips & trik, sesi tanya jawab terkait hal-hal yang seringkali dipertanyakan, tabel perencanaan, juga kutipan menarik dari tokoh-tokoh inspiratif.

    Dan yang buat aku kagum juga, terdapat pembahasan “cerita Ratih”, dimana sang penulis berbagi pengalaman semasa menghadapi fase-fase genting menjadi mahasiswa yang luar biasa, naik turun perjalanan hidup menjadi seorang mahasiswa yang di lewati sang penulis, membawa semangat lebih ke pembaca untuk jangan pernah menyerah berjuang menjalani kehidupan kampus.

    Kak Ratih saja bisa, kita juga atas izin Allah pasti mampu menjalani kehidupan kampus sebagai seorang mahasiswa, bahkan insya Allah bisa jauh lebih baik. Aamiin alahumma aamiin.

Kelebihan

  • Bahasa yang digunakan ringan dan mudah di pahami.
  • Tabel perencanaan yang ada bikin makin semangat, apalagi pas bagian pasang foto my role model, auto tempel dibuku haha.
  • Ada quis yang seru, bisa jadi gambaran, tipe mahasiswa seperti apa sih kalian?  Kupu-kupu? Kuda-kuda ? Kumis? Atau kucin- kucin? (kuliah bu*in) wkwk
  • Aku suka cara penulis menyampaikan, tidak menggurui tapi membersamai untuk bisa bersama-sama belajar lagi dan lagi. 

Kekurangan

  • Awalnya jujur aku kira, buku ini banyak sisi ke islaman,  dilihat dari cover nya hehe. *atau mungkin aku yang salah prediksi hihi. Don't Judge Book by It's Cover shof hem. sorry. Mungkin kalau bisa lebih kuat lagi di konteks menjadi mahasiswa rata-rata dalam sisi agama, bisa makin kece nih.
  • Jujur aku kurang suka dengan penggunaan emoticon senyum nya, entah karena kurang pas atau mungkin karena pas aku baca, posisi ku lagi sensitif sama emoticon itu haha😆

 

Kutipan favorit

"There is no shorcut to success. 

Tidak ada jalan pintas untuk meraih kesuksesan." (hal. 2)

 

"Tenang tenang, semua memang terdengar 

ruwet, horor, berat, tapi bukan berarti kamu tidak bisa. 

Semua ada prosesnya, semua ada waktunya. Sabar dan 

terus belajar sampai kelak kamu bisa menjadi maha 

siswa di atas rata-rata." (hal. 4)

 

"Bagi temen-temen yang masih berproses, masih terus menerus 
mengalami penolakan, jangan menyerah! 
Terus lanjutkan perjuanganmu. 
Habiskan jatah kegagalan sampai akhirnya kamu menang." (hal. 138)



    Buku ini recomended untuk dibaca oleh seluruh remaja yang akan atau sedang menjadi mahasiswa. Maba harus banget nih, karena insya Allah dijamin perencanaan yang digambarkan disini bisa banget diterapkan di kehidupan sehari-hari. Asal kalian nya konsisten. Xixixi

    Bagian favorit ada di bagian Berkarya Lewat Bisnis, seneng sekali bisa dikasih gambaran bisnis yang cocok ala mahasiswa. Terima Kasih Kak Ratih, I'm happy about it.

    Jadi mahasiswa adalah sebuah  keistimewaan yang tidak semua pemuda diberkahi kesempatan, tak jarang pemuda yang belum bisa merasakan manis nya bangku kuliah. Maka jadilah mahasiswa luar biasa dan jadi mahasiswa di atas rata-rata. 

    Cara jadi mahasiswa di atas rata-rata ala aku, bisa seimbang antara akademik, non akademik, kehidupan pribadi juga kedekatan dengan Sang Kuasa, dengan cara menjalankan semuanya dengan ikhlas dan niat yang baik. Semoga kita semua bisa menjadi mahasiswa yang seperti itu yah, kita sama-sama belajar.

Terima kasih Kak Ratih Kartika buku yang menginspirasi. Ditunggu buku-buku selanjutnya.

Penilaian bintang ⭐⭐⭐⭐ dari 5. So far so good.

Selengkapnya bisa kalian beli dan baca bukunya langsung yah.  Aku beli di Gramedia Tegal, masih ada ayo keburu kehabisan. Cek Review lain 

Terima kasih sudah membaca. 
I really hope for advice and criticism.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel