Ads

Mungkin enggak sih ngebuat semua orang senang? || Review Buku Tak Mungkin Membuat Semua Orang Senang

REVIEW BUKU 

TAK MUNGKIN MEMBUAT 

SEMUA ORANG SENANG 

By Jeong Moon Jeong

review buku tak mungkin membuat semua orang senang
Buku Tak Mungkin Membuat Semua Orang Senang


Penulis          : Jeong Moon Jeong

Penerjemah  : Iingliana

Penerbit        : PT Gramedia Pustaka Utama

Tebal             : 206 hlm.


Pernah gak sih, ketemu sama orang-orang yang suka seenaknya melontarkan komentar tajam, yang membuat kamu merasa dipermalukan atau malah jengkel? Tapi, untuk menolak perkataan mereka rasanya sulit bagimu? Kamu merasa baiknya diam dan menerima omongan mereka? Supaya semuanya berjalan dengan lancar tanpa ada huru-hara kalimat “Sensitif banget sih”, " Gak asik lo" atau “Gak seru lo, gue kan becanda, ko seriusin sih?”.

Jika jawabannya “Pernah”

Buku Tak Mungkin Membuat Semua Orang Senang, adalah bacaan yang tepat untukmu.


TIME TO REVIEW

 

Cover,

    Brown, one of my favorite colors. Warna coklat secara psikologis mengindikasikan stabilitas, keandalan, ketergantungan, dan kemampuan didekati. Warna coklat memberi pengaruh pada pikiran dan tubuh dengan menciptakan perasaan kebajikan, stabilitas, dan kedamaian. Coklat menekan emosi, menciptakan tempat yang aman dari tekanan dunia luar di mana masalah dapat direnungkan dan dipecahkan.

Source : Arti warna Coklat

    Kalau dari cover ini bisa diambil kesan bahwa, supaya yang melihat cover buku ini bisa terpengaruh secara pikiran bahwa ya “Gak mungkin emang membuat semua orang senang”. Jadi seolah merangsang pikiran kita supaya lebih merasa damai dan mengiyakan judul buku tersebut.

    Warna font putih yang mempercantik cover, terlihat manis pula dengan ornamen yang sepertinya adalah bunga atau daun, atau apalah itu. Intinya kamu manis.

Isi

Buku yang ditulis oleh penulis asal Korea, Jeong Moon Jeong merupakan buku nonfiksi yang diterjemahkan oleh Penerbit Gramedia (2019). Judul aslinya adalah How to Deal with Rude People with a Smile.

    Dalam hidup, kita pasti akan berhadapan dengan orang-orang yang bersikap kelewat batas. Mereka menyakiti kita, dan mengguncang kepercayaan diri kita. Hal-hal seperti itu sangat sulit diterima. Hubungan antarmanusia kerap membutuhkan terlalu banyak usaha. Kita ingin mengatakan apa yang sebenarnya kita rasakan, tetapi kita tidak melakukanya karena takut oranglain salah paham dan takut dianggap egois. Apakah kita bisa memberitahu seseorang, tanpa merasa tidak enak hati, bahwa sikapnya sudah kelewat batas? Tentu saja bisa. Kita hanya perlu banyak berlatih.

Kita perlu berlatih untuk :

Ø  Semua orang hidup dengan luka hati mereka sendiri

Ø  Tidak perlu menjawab semua pertanyaan

Ø  Tidak perlu memaksa diri agar diterima orang lain

Ø  Menghadapi orang yang kelewat batas dengan senyum

Selain poin-poin di atas, masih banyak hal yang bisa didapatkan ketika atau setelah membaca buku Tak Mungkin Membuat Semua Orang Senang ini. Gak percaya? Kamu bisa membuktikannya sendiri!

Mana sih yang jadi bagian favorit dalam buku ini?

    Dari setiap bab yang dibahas dan diceritakan penulis, semua terasa mengalir dan menyenangkan untuk dibaca, tanpa pernah merasa sedang digurui. Buku ini seperti teman yang kembali mengingatkan ku tentang bagaimana aku harus bersikap dan menghadapi orang lain, terutama ketika berhadapan dengan orang-orang yang bersikap kelewat batas. Secara keseluruhan aku menyukai isi buku ini. 

"Jika tidak bahagia, kau akan semakin tertarik pada urusan orang lain." (hlm. 52)

"Jika berusaha menjadi orang baik bagi semua orang, kitalah yang akan kewalahan nantinya."(hlm. 109)

"Seperti wi-fi, orang-orang juga saling memberi dan menerima energi." (hlm. 151)

"Jangan mencoba memenuhi harapan orang lain dan jalanilah hidup sesuai yang kita inginkan. Aku selalu mengingatkan diri untuk menjalani hidup tanpa penyesalan. Waktu dan energi kita terbatas, jadi janganlah kita buang-buang untuk hal yang tidak berguna. Kita harus berusaha membuat diri kita sendiri bahagia hari ini."(hlm. 193)

Bagaimana terjemahan buku ini?

Untuk terjemahan buku ini, terjemahannya cukup enak dibaca. Aku membaca tanpa gangguan, karena terjemahannya tidak sulit dipahami atau membingungkan, tidak sampai membuat ku harus berpikir keras ketika membacanya.

Rekomendasikah buku ini untuk dibaca?

Tentu saja. Highly recommend. Buku yang aku beli di Gramedia Tegal seharga Rp69.000 ini sangat layak untuk dibaca. Untuk buku harga segitu, dengan isi yang bagus, dan menyenangkan untuk dibaca, serta memberikan kepuasan setelah membacanya menurut ku sangatlah worth it untuk dibaca.

Penilaian bintang ⭐⭐⭐🌟 dari 5.

Aku berharap, semoga kamu bisa menyukai buku ini seperti aku menyukainya hihi.

Daaaaann, kalau kalian masih berpikir untuk terus ngebuat semua orang senang.

Buku ini menjawabanya, Tidak Mungkin Membuat Semua Orang Senang. 

Terima kasih sudah membaca. 
I really hope for advice and criticism.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel