Ads

[Review] Buku Atomic Habits || New York Times Bestseller

REVIEW BUKU 

ATOMIC HABITS

by James Clear

review buku atomic habits by James Clear
Buku Atomic Habits


Penulis: James Clear

Penerbit: Gramedia Pustaka Utama

ISBN: 978-602-06-3318-3

Harga P.Jawa : Rp. 108.000


Gak kerasa udah masuk bulan kedua aja ya? Gimana-gimana? Awal tahunnya masih ok kan? hihi. Berhubung masih bau-bau awal tahun, pengin bahas something yang erat kaitanya sama pergantian tahun nih. Yap, apalagi kalau bukan target di tahun selanjutnya. 

Sebelumnya aku mau tanya dulu nih, gimana kabar resolusi kamu tahun kemarin? Kalau resolusi kamu sukses, congrats. Tapi kalau belum, ya gapapa, wajar kok. 

Bahkan berdasarkan survey, oleh Richard Wisemen, menunjukan bahwa, 88% orang gagal mempertahankan resolusi tahun barunya. Wah... 

Apa berarti buat resolusi itu gak ada gunananya ya? 


Check this review now!!!


TIME TO REVIEW


Sekilas tentang bukunya

Menjawab pertanyaan sebelumnya, sebenarnya gak juga ko. Pada dasarnya tahun baru itu ya sekedar sebagai pergantian tahun aja. Kita kan gak bisa langsung berharap ngerubah diri kita gitu aja setelah pergantian tahun. Membutuhkan perubahan dalam diri kita dulu buat ngedorong resolusi biar ok punya. Butuh kebiasaan dan resolusi yang spesifik dulu sih.

Mungkin kebanyakan dari kita membuat resolusinya seperti ini:

1. Mengurangi berat badan

2. Belajar lebih rajin

3. Bisa dapet kerja

Dalam buku ini resolusi-resolusi itu termasuk dalam usaha buat berubah berdasarkan hasil yang ingin dicapai dan ini bukanlah strategi yang efektif untuk sebuah perubahan.

Perubahan yang kita buat seharusnya berkaitan dengan hal-hal yang kita percayai, pandangan pada dunia, serta pandangan kita terhadap diri sendiri. 

Perubahan berdasarkan hasil diawal tadi penting, tapi akan lebih efektif kalau kita berusaha mengubah langsung pada yang seharusnya kita percayai. Nantinya, perubahan berdasarkan hasil tadi akan mengikuti dengan sendirinya.

Kita ambil contoh target menurunkan berat badan, dari situ udah kelihatan kurang efektif dan  spesifik. Ya udah ganti aja jadi, mau menurunkan berat badan 20 kilo, olahraga rutin juga ngatur kalori defisit setiap harinya. Itu lebih baik tapi kurang terjamin konsistensinya. 

Di buku ini kita di arahkan untuk membuat target yang lebih spesifik, rasional dan bisa jadi habit buat kita, bahkan saat resolusi itu sudah tercapai sekalipun. 

Karena habit yang baik adalah yang selangkah demi selangkah membangun kebiasaan yang lebih baik, bukan untuk berhari-hari atau berminggu-minggu, tetapi untuk seumur hidup. 

Dimulai darimana? dari hal-hal kecil, kebiasaan yang biasa kita anggap remeh. Karena 1% hal positif secara rutin setiap harinya lebih baik dibanding berbuat 1% hal negatif terus menerus.

I like this because

🔑Setiap bab selalu dihadirkan summary. I like this.

🔑Kenyamanan saat proses membaca. Ukuran huruf cukup besar dengan spasi yang tidak terlalu rapat. Juga ukuran buku yang lebih besar.

🔑Penjelasannya yang runut dan sering menggunakan poin-poin sehingga lebih nyaman dibaca serta mudah dipahami. 

💦Meski ada juga kekurangannya, misalnya buku ini jadi kurang asyik buat dibawa-bawa karena ukuran fisiknya yang besar.

"Success is the product of daily habits—not once-in-a-lifetime transformations."

"When you can’t win by being better, you can win by being different."

"Semua hal besar datang dari awal yang kecil. Benih dari setiap kebiasaan adalah satu keputusan kecil."

Jika ada pilihan antara yang sulit dengan yang mudah, pasti kita akan memilih jalan yang mudah. Oleh karena itu, kita harus memulai kebiasaan kita dengan sesuatu yang mudah.

Berenang dengan gaya punggung akan terasa sulit maka, mulailah dengan masuk ke kolam renang. Membaca satu buku terasa sangat melelahkan maka, mulailah dengan membaca satu kalimat.

Kita memerlukan target yang lebih rinci dan jelas lagi untuk meraih segala keinginan kita setiap tahunya. 

Buku ini memiliki banyak ide yang baik dan praktis. Tidak hanya menceritakan tentang konsep, tetapi Atomic Habits juga menawarkan contoh-contoh yang dapat kita langsung terapkan dalam kehidupan.

Aku rekomendasikan buku ini untukmu. Aku kasih penilaian bintang ⭐⭐⭐⭐ 4.3/5. As good as it is to read.

Baca juga review lainya :

Buku Pangeran Cilik

Buku Tak Mungkin Membuat Semua Orang Senang

Buku Berani Tidak Disukai

Buku Seni Bersikap Bodo Amat

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel