Ads

[Review] Novel Bumi by Tere Liye #1

REVIEW 

NOVEL BUMI

by Tere Liye

review novel bumi tere liye
Novel Bumi


Judul : Bumi

Penulis : Tere Liye

Penerbit : Gramedia Pustaka Utama

Tebal : 440 Halaman

Genre : Teenlit, Fiksi Ilmiah, Fantasi

ISBN : 978-602-0332-956


Fyi aja ges, dulu pas awal-awal novel serial bumi keluar, aku sempat enggak akan mau baca.  Aku tahu novel-novel Tere Liye yang sebelumnya aku baca tuh keren semua, kayak novel Rindu, Hujan, dsb. 

Tapi pas seri Bumi ini aku gak mau karena, satu, ini novel serinya banyak. Kedua, aku yakin, novelnya gak akan mengecewakan, dan bakal ngebuat aku ketagihan buat lanjut ke seri-seri selanjutnya. 

Aku tuh anaknya sekali baca novel seri, dan gak langsung dilanjut, pikiran ku gak bisa baik-baik aja tuh belum bisa, susah. Jadi, daripada ketagihan mending nanti aja nunggu bener-bener senggang dan sanggup dalam berbagai segi. wkwk


TIME TO REVIEW


Apa isi seri pertama BUMI ini?

Sinopsis

"Namaku Raib, usiaku 15 tahun, kelas sepuluh.

Aku anak perempuan seperti kalian, adik-adik kalian, tetangga kalian. Aku punya dua kucing, namanya si Putih dan si Hitam. Mama dan papaku menyenangkan. Guru-guru di sekolahku seru. Teman-temanku baik dan kompak.

Aku sama seperti remaja kebanyakan, kecuali satu hal. Sesuatu yang kusimpan sendiri sejak kecil. Sesuatu yang menakjubkan.

Namaku Raib. Dan aku bisa menghilang"

Baca juga : Novel paling banyak diterjemahkan di dunia

Ada sesuatu hal yang membuat ku atau bahkan kita penasaran, tentang tokoh Raib yang bisa menghilang. Jujur, awalnya aku berspikulasi bahwa menghilang di sini sebagai sesuatu hal yang ghaib atau mungkin kaya di film Harry Potter yang menghilang dengan jubah seperti itulah. Tapi, ternyata memang bisa menghilang; menutup wajah dengan kedua tangan, hehe.

Novel BUMI ini adalah seri pertama dari serial Novel Bumi. Untuk seri lainya ada : Bulan, Matahari, Bintang, Ceroz dan Batozoar, Komet, Komet Minor, Selena, dan Nebula.

Tokoh utama di novel ini ada Raib, Seli, Ali, Tamus dan Miss Selena. Buku ini mengusung tema petualangan antara tiga sahabat, seorang guru matematika dan Tamus (makhluk Klan Bulan). Cerita yang ditawarkan begitu segar dan lain daripada yang lain. Tidak mengecewakan.

Di sini kita bisa tahu kehidupan di luar bumi atau klan lain yang lebih canggih dan ramah lingkungan. Beda dengan keadaan di bumi yang dipenuhi makhluk yang bisa di bilang serakah dan sedikit memiliki rasa kepedulian terhadap kelestarian lingkungan.

Yang saya suka dari buku ini

Di buku ini kita diajak untuk berpikir, sekaligus berimajinasi. Itu rasanya sangat menyenangkan. Saat menyelesaikan satu buku, memberi efek kepuasan bisa berpetualang dalam pikiran sendiri. Apalagi kalau selesai semua serinya, wah.

Materi yang ditawarkan dalam buku ini cukup berat, hanya saja penyampaian yang digunakan membuat novel ini terasa lebih ringan.

"Apapun yang terlihat, boleh jadi tidak seperti yang kita lihat. Apapun yang hilang, tidak selalu lenyap seperti yang kita duga. Ada banyak sekali jawaban dari tempat-tempat yang hilang." (Hal.99)

Sejauh ini aku sangat menikmati serial novel ini, dan akan memilih melanjutkan seri ini dibanding seri Pulang yang sudah saya baca. (meskipun satu lagi). Aku kasih penilaian bintang ⭐⭐⭐⭐ 4.3/5 . Amazing!!!.

Buku ini aku rekomendasikan untuk kalian buku seri lover, pecinta genre fantasi-fiksi ilmiah, adventure book lover, dan yang penasaran dengan karya penulis Tere Liye, buku ini bisa jadi teman perjalananmu. Selamat membaca.


Kamu juga bisa baca : 

Novel Pergi - Tere Liye

Novel Pulang - Tere Liye

Novel Garis Waktu Fiersa Besari

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel