Ads

Pemanfaatan Internet Of Things (IoT) || Implementasi IoT

Pemanfaatan 

Internet Of Things (IoT) 



Pemanfaatan Internet Of Things (IoT) || Implementasi IoT

Hai hai semua, kalian udah pernah dengar istilah Internet of Thing (IoT) ? Meskipun belakangan istilah ini semakin banyak diperbincangkan, namun masih ada kalangan tertentu yang masih cukup asing dengan istilah tersebut. Internet of Things singkatnya merupakan teknologi yang menginovasi benda-benda sekitar dengan internet agar aktivitas sehari-hari menjadi lebih mudah dan efisien. 

Seperti apakah contohnya? Kita akan bahas pemanfaatan IoT apa saja sih yang sudah diimplementasikan. 

Yuk kepoin!

Implementasi Internet of Things 

1. Jakarta One Card

Yang pertama kita punya Jakarta One Card yaitu "kartu pintar" yang dapat digunakan sebagai KTP elektronik, alat pembayaran belanja, dan kartu BPJS. Pemerintah Jakarta bekerja sama dengan Bank DKI untuk memproduksi "Kartu Jakarta". Semua layanan di kota dapat digunakan hanya dengan satu kartu, dan orang dapat membayar sesuai dengan kebutuhanya tanpa menghabiskan banyak uang dan waktu.

2. Penyiram Otomatis

Mesin penyiram otomatis ini sudah ada di beberapa kota besar di Indonesia, seperti di taman-taman di Jakarta; di bundara tugu tani, tanaman disana sudah menggunakan teknologi ini.

3. Surabaya Bus

Dengan mengaktifkan fitur scan QR ketika menunggu bus di halte, pengguna transportasi akan mengetahui posisi bus terdekat, bus yang sudah berangkat hingga jalur Bus Kota Surabaya. Sistem kerja Surabaya Bus ini akan memberikan notifikasi ketika bus akan darang dan sangat berguna untuk mengetahui berapa lama bus akan sampai.

4. Colokan Listrik Pintar

Ide project untuk Internet of Thing yang pertama adalah pembuatan colokan listrik pintar. Colokan listrik yang dimiliki dikoneksikan dengan Wi-Fi dan disambungkan dengan barang-barang elektronik seperti lampu atau oven. Jadi, Anda nantinya bisa menghidupkan maupun mematikan sambungan listrik dengan jangkauan internet pada ponsel yang terkoneksi ke colokan listrik tersebut. Dengan cara seperti ini, ketika berada di luar rumah dan lupa mematikan lampu atau barang elektronik, Anda hanya perlu membuka ponsel dan mematikan koneksi listriknya via jarak jauh.

5. Smart Garage Door

Seperti namanya, project Smart Garage Door merupakan project IoT yang dapat memonitor status pintu garasi sekaligus membukanya dengan fitur scanner sidik jari. Apabila menerapkan project ini, Anda bisa memonitor garasi dimanapun berada melalui ponsel. Untuk akses pembukanya juga akan lebih aman karena harus melalui scan sidik jari yang ada di ponsel Anda. Cara ini akan menginformasikan Anda yang tidak tahu ketika ada akses paksa dari pihak-pihak yang berusaha masuk ke garasi.

6. Kulkas Pintar

Salah satu ide project untuk Internet of Thing adalah penerapan kulkas pintar. Biasanya, ketika ingin melihat persediaan makanan atau lainnya di kulkas, kita harus melihat langsung isi dalam kulkas. Namun, dengan inovasi kulkas pintar, Anda bisa melacak persediaan apa yang menipis atau telah habis melalui internet smartphone yang terhubung dengan kulkas tersebut. Jadi, dengan melihat notifikasi, Anda bisa segera berbelanja untuk mensuplai kembali persediaan yang hampir habis.

7. Smart Trash Can

Tempat sampah pintar merupakan bentuk inovasi lainnya yang bisa Anda jadikan sebagai referensi. Dengan alat ini, Anda bisa mengoptimalkan pengumpulan sampah dan meminimalisir konsumsi bahan bakar. Sistem pada tempat sampah sendiri akan memberikan notifikasi mengenai jumlah dalam bak tersebut serta suhu bak. Inovasi ini tentu akan sangat berguna untuk mereka yang bekerja mengumpulkan sampah serta semua warga kota secara keseluruhan.

8. Sistem Peringatan Bahaya 

Di latar belakangi oleh rasa was-was sebagian orang ketika meninggalkan rumahnya, beberapa kalangan menciptakan sistem peringatan bahaya yang dapat memberikan notifikasi sensor ke ponsel pemiliknya via internet. Ide project untuk Internet of Things dapat Anda terapkan dengan buat alat sendiri atau dengan memanfaatkan perusahaan yang bisa membuat project ini. Namun, di rumah Anda perlu memasang sensor-sensor seperti sensor suhu, gerakan, dan sebagainya sehingga bisa terhubung ke alat peringatan bahaya.

9. IoT Doorbell

Sesuai namanya, teknologi internet yang ada pada ponsel dihubungkan dengan perangkat pada bel pintu rumah. Dengan project ini, Anda bisa memantau siapa saja yang datang bertamu ke rumah ketika si empunya sedang bepergian. Notifikasi yang dikirimkan ke ponsel bisa berupa sms atau email.

10. Alat IoT untuk memonitor dan memanajemen kesehatan

Teknologi internet of things juga banyak diimplementasikan dalam bidang kesehatan. Beberapa orang membuat inovasi di bidang kesehatan dengan membuat alat yang dapat memantau kesehatan pasien jarak jauh. Data dari sensor yang terpasang pada pasien nantinya akan ditransfer pada operatornya melalui internet. Dengan begitu, dokter bisa menganalisis kesehatan pasien dan menyarankan praktik klinis ketika terjadi hal-hal yang tidak diinginkan.

Nah, itu beberapa pemanfaatan Internet of Things yang sudah diterapkan baik di luar negeri maupun di Indonesia. Semoga bermanfaat ya terima kasih.

Oher Source : Penerapan IOT   & Penerapan IOT 2

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel