Ads

Perbedaan Model Keamanan Jaringan Wireless || WEP, WPA, WPA2, Hotspot Login dan Keamanan MAC Address Filtering

Perbedaan Model 

Keamanan Jaringan Wireless 

(WEP, WPA, WPA2, Hotspot Login 

& Keamanan MAC Address Filtering)

Perbedaan Model Keamanan Jaringan Wireless ||  WEP, WPA, WPA2, Hotspot Login dan Keamanan  MAC Address Filtering

Di Era teknologi seperti sekarang ini, bukan hal baru bagi kita mendengar kata jaringan. Ngomongin tentang jaringan, kalian tau gak sih kalau jaringan punya beberapa model keamanan. Terutama untuk jaringan wireless. 

Nah, kali ini aku akan bahas apa saja model keamanan pada jaringan wireless dan apa sih perbedaan dari masing- masing model keamanan tersebut? Yuk, kita cari tahu!

Model Keamanan Jaringan Wireless

1. WEP (Wired Equivalent Privacy)

Model keamanan jaringan Wired Equivalent Privacy (WEP) merupakan model keamanan & enkripsi pertama sekaligus yang sudah lama digunakan pada wireless. WEP sendiri saat proses enkripsi menggunakan kunci yang dimasukkan ke client ataupun access point. 

Kunci tersebut harus cocok dari yang sebelumnya diberikan access point ke client, dengan yang dimasukkan client untuk authentikasi menuju access point, dan WEP mempunyai standar 802.11b.

Jenis WEP sendiri mudah untuk disadap oleh orang luar (atau bahkan kita), karena beberapa algoritma RC4 yang digunakan di WEP cenderung dapat dipecahkan.

2. WPA  (WI-FI PROTECTED ACCESS)

WPA merupakan suatu sistem yang dapat diterapkan untuk mengamankan jaringan nirkabel. Metode pengamanan menggunakan WPA ini diciptakan untuk melengkapi sistem yamg sebelumnya, yap betul apalagi kalau bukan WEP. 

Para peneliti menemukan banyak celah dan kelemahan pada infrastruktur nirkabel yang menggunakan metode pengamanan WEP. Maka dari itu WPA ini hadir.

WPA sendiri nantinya akan lebih banyak digunakan pada implementasi keamanan jaringan nirkabel. WPA didesign  dengan alat tambahan lainnya, yaitu sebuah komputer pribadi (PC). 

Fungsi dari komputer pribadi ini kemudian dikenal dengan istilah authentication server, yang memberikan key yang berbeda kepada masing–masing pengguna dari suatu jaringan nirkabel yang menggunakan akses point sebagai media sentral komunikasi. 

3. WPA2

Kita lanjut ke WPA2, dimana jenis ini merupakan sertifikasi produk yang tersedia melalui Wi-Fi Alliance. WPA2 Sertifikasi hanya menyatakan bahwa peralatan nirkabel yang kompatibel dengan standar IEEE 802.11. 

WPA2 sertifikasi produk yang secara resmi menggantikan wired equivalent privacy (WEP) dan fitur keamanan lain yang asli standar IEEE 802.11i. Tujuan dari sertifikasi adalah untuk mendukung wajib tambahan fitur keamanan standar IEEE 802.11i, yang bukan lagi termasuk produk-produk pendukung WPA. 

4. Hotspot Login

Hostpot adalah suatu istilah bagi sebuah area dimana orang atau user bisa mengakses jaringan internet (menggunakan PC, laptop atau perangkat lainnya) dengan fitur yang ada Wifi (Wireless Fidelity) sehingga dapat mengakses internet tanpa media kabel dalam jangkauan radius kurang dari beberapa ratus meter, ini  tergantung dari kekuatan frekuensi atau signalnya. 

Akses ini didapat melalui jaringan area lokal nirkabel, Wireless Local Area Network(WLAN) menggunakan router yang terhubung ke penyedia layanan internet, Internet Service Provider (ISP)

5. Media Access Control (MAC) Address Filtering

Ada beberapa yang sudah tidak asing dengan Mac address ini bukan? Yak, MAC Address merupakan kombinasi nomor unik pada piranti adapter seperti NIC dan WLAN (Wireless LAN). Jadi setiap adapter mempunyai nomor yang pasti berbeda dengan adapter lainnya. Kalau kita lihat di HP dikenal dengan istilah IMEE. Sedangkan Mac Address Filtering digunakan untuk membatasi user dengan memanfaatkan keunikan nomor adapter MAC (Media Access Control ) Address.

Itu tadi yang bisa aku tuliskan tentang pengertian dan perbedaan masing-masing model keamanan jaringan. Semoga bermanfaat:)

Terima kasih.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel