Ads

Karakteristik dan Keterbatasan Mobile Computing

Karakteristik dan Keterbatasan 

Mobile Computing

Resume Karakteristik dan Keterbatasan   Mobile Computing

I. Karakteristik Mobile Computing

Beberapa karakteristik yang dimiliki oleh infrastruktur mobile computing antara lain:

A. Mobilitas

Mobilitas dan portabilitas di sini didasarkan pada kenyataan bahwa pengguna membawa perangkat selular kemanapun mereka pergi. Oleh karena itu, pengguna dapat melakukan kontak secara real-time dengan sistem lain dari manapun mereka berada.

B.Interaktivitas Sosial

Perangkat mobile harus memiliki kemampuan perangkat untuk berbagi data dan kolaborasi antara pengguna.

C.Sensitivitas Konteks

Karakteristik yang harus dimiliki oleh perangkat mobile selanjutnya adalah kemampuan untuk mengumpulkan dan merespon data nyata atau simulasi yang unik untuk lokasi, lingkungan, atau waktu saat ini.

D.Konektivitas

Merupakan kemampuan perangkat untuk terhubung secara digital untuk keperluan komunikasi data di lingkungan apa pun.

E.Individual

Adalah kemampuan perangkat yang memberikan kesempatan kepada pengguna untuk menyediakan perancanaan pada kegiatan yang sulit dan penyesuaian individu.

F.Ukuran Kecil

Perangkat mobile juga dikenal sebagai handheld, palmtops dan ponsel pintar karena ukurannya yang kira-kira mirip telepon. Perangkat seluler tipikal akan pas dengan tangan atau saku orang dewasa.

G. Komunikasi Nirkabel

Perangkat mobile biasanya mampu berkomunikasi dengan perangkat serupa lainnya, dengan komputer dan sistem stasioner, dengan jaringan dan telepon portabel. Perangkat seluler dasar dapat mengakses Internet melalui jaringan Bluetooth atau Wi-Fi, dan banyak model dilengkapi untuk mengakses telepon seluler dan jaringan data nirkabel juga. 

II. Keterbatasan Mobile Computing

Mobile Computing memerlukan dukungan dari banyak teknologi yang sempurna tanpa cela, dan memerlukan banyak dukungan dari banyak teknologi seperti :

• Teknologi perangkat jaringan

• Protokol jaringan

• Perangkat mobile

• Perangkat lunak, dan lain sebagainya

Bagian – bagian tersebut tentu mempunyai keterbatasan masing-masing yang akhirnya menjadi keterbatasan komplek saat berbagai perangkat itu terhubung menjadi satu.

Permasalahan keterbatasan infrastruktur Mobile Computing

1. Kebutuhan Bandwidth jaringan yang besar

Kebutuhan akan mobilitas pada infrastruktur mobile computing memaksa infrastruktur ini untuk menggunakan jaringan nirkabel dengan beragam lebar pita jaringan (bandwidth), telah banyak teknologi yang digunakan untuk meningkatkan kualitas layanan jaringan nirkabel mulai dari GPRS, EDGE, hingga 4G bahkan 5G.

2. Standarisasi Keamanan

Beberapa teknologi memang sudah diterapkan dalam infrastruktur Mobile Computing dari sisi jaringannya, yaitu teknologi keamanan yang sudah sangat umum digunakan VPN (Virtual Private Network) dan beberapa sistem pengamanan lain, dalam infrastruktur Mobile Computing banyak celah untuk melakukan tindak kejahatan,sehingga perlu diperhatikan membuat rumitnya melakukan penjaminan kemanan yang baik dalam infrastruktur mobile computing.

3. Sumber Daya Energi

Perangkat mobile mempunyai kelebihan dimana perangkat mampu dibawa kemana-mana,

mudah untuk terkoneksi dan beragam kemudahan lainnya. Namun kenyataannya perangkat mobile memiliki sumber daya yang terbatas

4. Inteferensi dari sinyal atau gelombang lain

Memanfaat kan gelombang untuk dapat terhubung adalah ciri khas dari jaringan nirkabel, penghalang seperti dindingm gedung tinggi dan penghalang lain akan menghambat gelombang yang dipancarkan

5. Interaksi dengan User melalui aplikasi

sebagai pengguna kita memerlukan adanya kemudahan di dalam menggunakan aplikasi dan sistem operasi, kemudahan ini dapat ditunjang dari bagaimana user interface dirancang, disusun, dan diimplementasikan dengan tepat.

6. Keterbatasan Memori Penyimpanan

Kemampuan memori penyimpanan pada perangkat mobile sangatlah terbatas jika dibandingkan dengan perangkat komputasi seperti PC desktop.

Kelebihan pengguna perangkat mobile :

1. Infrastruktur mobile Computing memiliki sifat extreme personalization yaitu sangat personal.

2. Dapat dibentuk sesuai kebutuhan yang spesifik terhadap masing-masing pribadi pengguna.

3. Perangkat mobile ini sangat penting bagi setiap orang sehingga muncul istilah “ponsel diantara kunci dompet”.

4. Sifatnya yang portable atau dapat dibawa kemana mana sehingga dapat digunakan untuk bekerja, berbelanja online, maupun bermain game dimana saja dan kapan saja


Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel