Ads

Topologi Jaringan, Perangkat Lunak Cloud Computing & Manajemen Pengolahan SDM

 Topologi Jaringan, Perangkat Lunak 

Cloud Computing & Manajemen 

Pengolahan SDM


resume Topologi Jaringan, Perangkat Lunak   Cloud Computing & Manajemen   Pengolahan SDM

I. Topologi Jaringan

Distribusi beban Komputasi Awan

Cloud computing menyediakan perangkat lunak sebagai cadangan untuk pengguna terakhir, tapi infrastruktur yang mendasari harus cukup terukur dan kuat harus focus pada system Cloud perusahaan skala besar dan meneliti bagaimana perusahan dapat menggunakan service oriented architecture (SOA) untuk menyediakan antar muka yang efisien untuk proses bisnis.

II. Perangkat Lunak

a. OpenStack

Merupakan open source cloud computing software untuk membangun infrastruktur cluod yang raliabel, dengan tujuan memungkinkan setiap organisasi atau perusahaan untuk membuat dan menyediakan layanan cloud computing dengan menggunakan perangkat lunak open source yang berjalan diatas perangkat keras yang standar. Terdapat 2 jenis Open Stack yaitu:

OpenStack Compute dan OpenStack Storage

b.  Amazon Elastic Compute Cloud (EC2)

Menyediakan banyak fitur yang berguna bagi pelanggan, seperti penagihan yang terencana dan biaya untuk komputasi yang murah pada tingkat yang sangat mantap (penggunaan memori, CPU, transfer data)

c.  GoGrid

GoGrid menyediakan pelanggan antar muka web yang user friendly service, mudah dimengerti demonstrasi video, dan system penagihan yang ketat tapi tidak mahal

d.  Amazon Simple Storage Service (S3)

Adalah layanan web penyimpan online yang ditawarkan oleh Amazon WEB Service, dapat diakses pengguna melalui layanan web, REST-style interface HTTP, atau dengan melibatkan antarmuka SOAP.

e.  Rackspace Cloud

Perusahaan ini menyediakan layanan termasuk cloud server, cloud file,  cloud site serta API (Application Programming Interface) yang dapat diakses melalui  Application Programming Interface yang aman dengan kode klien open source.

III. Manajemen Pengolahan dan Sumber Daya Manusia

Tiga aspek manajemen sumber daya awan (Cloud computing):

1.       Keamanan TI

2.       Kinerja manajemen

3.       Provisioning

A. Manajemen Pengolahan

a.  Manajemen Kinerja

Tenatang bagaimana layanan perangkat lunak berjalan efektif didalalm lingkungan sendiri ataupun melalui cloud.

b.  Mengelola beban kerja di Awan (Cloud)

Beban kerja bisa menjadi segalanya dari data intensif untuk menyimpan beban kerja atai prosen interaksi beban kerja. Hal yang perlu diperhatikan dalam manajemen pengolahan Cloud Computing adalah “Mendeklarasikan Jenis Data”, jumlah data yang tersedia untuk digunakan Perusahaan yang menggunakan layanan Cloud sangatlah banyak dan sifat datanya berubah

c.  Penyelenggara Jasa Cloud

1.       Layanan Cloud seperti apakah yang user mau dari penyedia layanan Cloud?

2.       Bagaimana “kita” tahu apakah kinerja dari Cloud Computing yang diberikan kepada user berada pada tingkat yang tepat?

3.       Bagaimana “kita” bisa menilai apakah data yang telah dihapus bener-bener hilang?

d.  Pengantar Mnajemen Penyimpanan

Manajemen penyimpan adalah kemampuan untuk menyimpan dan mengatur fike dan data pada jaringan atau Storage Resource Management (SRM)

e.  SDM Cloud Computing

1.       Subscribers (Pelanggan)

2.       Publishers (Penerbit)

3.       Operator Pusat Data (Data Centar Operators)

4.       Vendor untuk layanan WEB Terpadu (Vendors for Integrated Web Services)

5.       Penyedia Jasa Out Source (Providers for Outsourced Services)

6.       Klien (Clients)

f.  Sponsor Cllloud (Awan)

Karena pelanggan memmiliki tanggung jawab untuk melakukan pembayaran atas penanggunan platform, mereka biasanya memiliki tujuan bisnis yang spesifik dan memenuhi tujuan tersebut.

g.  Pembuatan Cloud : Penerbit

Penerbit membuat komilasi dari vendor untuk perangakat lunak independen, perangkat virtual, infrastruktur, platform, dan peralatan

h.  Penyedia Jasa Outsource

Dengan manfaat dari utilitas berbasis layanan, memungkinkan perusahaan untuk meriangkan keuangan dan beban kerja sehingga bisnis inti dapat difokuskan pada beberapa kegiatan yang masih dibutuhkan oleh bisnis.


Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel