Ads

Keuanganmu di Era Digital Kena Mental? Lakukan 4 Hal Ini Buat Cuan Makin Tebal!

KEUANGAN MU DI ERA DIGITAL KENA MENTAL?

LAKUKAN 4 HAL INI BUAT CUAN MAKIN TEBAL!

 

Photo by Towfiqu barbhuiya on Unsplash


Era digital merupakan sebuah kondisi, di mana seluruh kegiatan yang mendukung kehidupan bisa dipermudah dengan teknologi yang serba canggih dan praktis. Kita tidak bisa lepas dari yang namanya teknologi, pesatnya perkembangan teknologi menjadikan ini sebuah era yang serba mudah dan cepat. 

Banyak hal sudah menjadi digital, menggunakan teknologi dalam pelaksanaanya. Dari mulai perusahaan besar sampai warung makan samping rumah yang sudah memanfaatkan metode pembayaran digital.

Kalau menurut kamu, apakah di era digital seperti sekarang ini, keuangan menjadi hal yang krusial? Mengingat, teknologi semakin cepat dan pastinya butuh banyak pemasukan untuk bisa memanfaatkannya, paling tidak untuk bertahan.

Kalau kita lihat pada masa covid kemarin saja. Banyak perusahaan yang harus melakukan PHK besar-besaran, rumah makan yang harus gulung tikar dan usaha-usaha lain yang kurang bisa bertahan.

Lalu, apakah ada solusinya?

Ada, bahkan yang tidak kita duga-duga. Peran teknologi lagi-lagi dimainkan, ia mendominasi pasar industri pada saat covid. Perusaahan ojek yang bisa menjadi pengantar makanan, adanya startup belanja online, system kerja remote semakin marak, bahkan dalam sisi keuangan makin banyak bank digital yang merintih sampai sekarang.


“Dibalik tantangan yang berat ada inovasi dan perkembangan teknologi yang semakin kuat.”


Pada kesempatan kali ini kamu akan tahu beberapa hal yang bisa kamu lakukan untuk bisa meningkatkan cuan, cuan dan cuan di era digital :

Disclaimer : Ini bukan cara instan untuk bisa jadi kaya dalam sehari, mie instan aja perlu di masak sebelum di makan, apalagi buat cari cuan, butuh keMAUan.


1. MAU BACA !

Photo by Kenny Eliason on Unsplash


Loh baca? Iya, cara pertama yang bisa dilakukan untuk meningkatkan cuan di era digital sekarang adalah dengan mau BACA.

Kamu baca artikel ini sampai selesai saja, bisa menjadi langkah awal pertumbuhan keuanganmu loh. Gak percaya? Coba yuk kita buktikan!

Baca di sini, bisa dipraktekan dengan membaca berita secara utuh (ini bisa di berbagai platform), baca caption sampai selesai, terlebih lagi jika yang dibaca mengenai peningkatan keuangan seperti ini. Bisa memperluas wawasan. Informasi sudah tersebar luas di berbagai platform, tinggal kamu nya mau atau tidak buat cari tahu dan menerapkanya. 

Perkembangan di era digital sekarang, semakin brutal. Banyak informasi teknologi, trend dan pengetahuan baru yang muncul. Jika kamu mau BACA mengenai hal baru tersebut, kamu bisa lebih terbuka akan perkembangan dunia digital. Tidak kalah penting memiliki skill literasi keuangan di era sekarang ini, jika kamu mau melakukannya, maka kamu sudah satu langkah lebih dekat dengan yang kamu tuju!


“Jangan sampai karena infromasi semakin mudah diakses, kita jadi malas secara intelektual”


2. MENGULIK 

Photo by Thought Catalog on Unsplash


Bukanya bisa juga ya dari nonton dan mendengarkan seperti melihat video di YouTube? 

Yak benar. Tapi bukanya sebelum kamu mengklik video juga ada proses membaca ya di sana? Kalau kamu salah baca atau kurang teliti, bukan tidak mungkin video yang terbuka tidak sesuai dengan yang kamu inginkan. 

Dari membaca dan mau tau akan hal-hal baru tadi, kamu bisa mengetahui perkembangan dunia luar. Ini sangat membantu kamu untuk tahu skill mana dan apa-apa saja yang bisa dilakukan. Baru setelah kamu tahu, waktunya kamu untuk MENGULIK, ini proses yang seru!

Mempelajari hal baru adalah proses yang tidak bisa kamu lewatkan begitu saja. Rasa penasaran yang tumbuh dengan kuat akan mampu memicu kamu untuk terus lanjut, biarkan kamu merasakan cinta dan jatuhnya saat berproses. 

Bukan hal mudah, tapi jika punya motivasi mengulik yang kuat, percayalah kamu salah satu orang yang beruntung!

Berikut beberapa bentuk kegiatan yang bisa kamu kulik untuk meningkatkan cuan di era digital :

a. Menjadi Freelancer

Secara garis besar freelancer adalah pekerja lepas, di mana mereka membuka jasa bisa berupa penulisan, desain, editing, fotografer, sampai software engineer. Waktu, biaya bisa di sesuaikan secara pribadi. Biasanya freelancer menawarkan jasanya di website maupun platform social media lainya.

Banyak platform bagi freelancer yang bisa di gunakan untuk menemukan kostumer. Seperti Sribulancer, projects.co.id, LinkedIn dan masih banyak lainya. Bagi kamu yang mau meningkatkan cuan ini bisa jalan mu menuju yang kamu mau!

b. Dropshipper

Kamu bertindak sebagai penjual sebuah produk yang sebenarnya tidak perlu kamu sentuh sama sekali. Sebagai penghubung antara produsen dengan konsumen saja, bak makelar dengan menggunakan smartphone. Keuntungan didapat dengan cara meningkatkan harga jual. Pengiriman dilakukan oleh produsen namun bisa dikirim dengan menggunakan nama toko kamu sendiri. Menyenangkan bukan? Menjadi makelar online professional.

c. Affiliator : Merekomendasikan sebuah produk atau layanan dari produsen, di berbagai platform yang kamu punya, dengan melibatkan kode referral. Dari kode referral tersebutlah kamu bisa mendapat komisi. Kode referral dan besaran komisi ditentukan pihak produsen.

d. Reseller : Sistem ini sama seperti penjualan pada umumnya, memerlukan modal awal untuk stock barang. Keuntungan reseller, dapat bebas mengatur harga jual kembali. 

Masih banyak kegiatan atau hal baru lain yang bisa kamu kulik dan pelajari, temukan satu, tekuni, dan kamu bisa merasakan sensasinya!


3. MANFAATKAN TEKNOLOGI

Photo by John Schnobrich on Unsplash


Seperti yang dibahas sebelumnya, teknologi tidak  bisa lepas dari genggaman masyarakat sekarang. Maka, perlu dan penting untuk bisa memanfaatkan teknologi apalagi dalam mengurus keuangan.

Banyak sekali kegiatan yang menghasilkan cuan dengan memanfaatkan teknologi di era digital seperti sekarang ini. Dari contoh-contoh di atas misalnya, saat menjadi freelancer, butuh teknologi komputer atau ponsel untuk bisa melakukanya. Untuk pemasaran produk, juga perlu teknologi untuk bisa melakukan strategi dengan lebih efisien. 

Istilah melek teknologi sudah seharusnya lagi dilakukan bukan sekedar digaungkan. Kalau kata kutipan, Now or Never. Selagi ada teknologi yang bisa memudahkan dan membuat cuan meningkat lebih cepat mengapa tidak, bukan?


4.  MAU KONSISTEN

Photo by Domenico Loia on Unsplash


Jika kamu sudah menemukan hal yang mau kamu tekuni, lanjutkan. Tidak harus banyak, cukup satu asal konsisten itu sudah baik.

Nanti, kalau sudah bisa terkontrol dengan baik, jika ingin meningkatkan lagi, boleh banget untuk terus mencoba. Menenangkan rasanya jika memiliki lebih dari 1 sumber penghasilan bukan?

Jika kamu giat melakukan 4 hal di atas, minimal 1% setiap harinya. Bukan tidak mungkin cuan makin tebal, hati pun ikut bahagia, anti kena mental!

 "Gue berpendapat suatu hal tidak worth (berarti) dikejar kalau lo tidak enjoy mengejarnya. Karena pada akhirnya lo bisa belajar lebih banyak ketika lo menikmati the journey, not the result" Filosofi Teras

Terima kasih sudah sampai di sini! Semangat berproses, karena tanpa proses kita sulit untuk jadi.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel